layanan iklan

Wednesday, April 27, 2016

CURUG CIKUNIR

By; Eris Herisno

Jujur, saya rada kapok juga ke curug ini, selain karna jalan kakinya jauuuuuuuhhhh sekitar satu jam utk sampai ke lokasi, juga kondisi jalannya menegangkan. Bayangkan, satu jam kita jalan kaki menyusuri sungai yg mana sungai itu merupakan pembuangan air dari kawah gunung Galunggung, kondisinya memang kering tapi bisa terjadi air bah yg tiba-tiba datang. wah ngeri. udah gitu, curugnya juga berada dihimpit oleh tebing yg tinggi, khawatir longsor tiba-tiba.
makanya rada susah memotret curug ini secara keseluruhan...paling dari atas, sisi, dan depan yg curug kecilnya.
o iya, curug ini terdiri dari dua undakkan, yg satu bagian atas yg cukup tinggi namun susah mengira -ngira brp mtr tingginya karna gak kelihatan semua, terus yg kedua yg tingginya paling 5 mtr...namun deras..lokasi curug ini berada di bawah kawah galunggung dan jalur pembuangan air kawah..utk desa tahu kecamatan saya kurang tahu persis masuknya ke kecamatan apa, tapi memang kabupatennya tasikmalaya, apa ke padakembang desa dan kecamatannya atau bukan, saya lupa bertanya, suatu saat akan saya update jika saya sudah dapat informasi tentang curug ini.
RUTE;
dari kota tasik malaya menuju arah galunggung, lewat tawang banteng -sukaratu- terus nanti di perapatan jalan besar belok ke kiri..paling satu kilo mtr ada jalan ke arah kanan, ini arah ke padakembang ...belok saja, ada plang kecil curug ci tiis. nah masuk saja karna arahnya sama ke curug citiis bahkan kelewatan tuh citiis.
yang enak dari arah singaparna Cipasung menuju jalan yg baru yg samping gedung ukhuwah itu,, terus menuju arah galunggung, tanya saja mau ke Padakembang curug citiis. nanti belok kiri
jalannya rusak, aspal terkelupas, bahkan sebagian besar bebatuan.
KENDARAAN;
motor lebih enak karna banyak jalan sempit, kalau mobil jalan kakinya jauh
BEKAL;
ditempat lokasi curug citiis ada
CATATAN;
Siapkan fisik,  karna dari parkiran trackingnya satu jam ke lokasi curug,
pake sepatu juga karna menyusuri sungai
coba zoom, ada goa tuh diatas...susah naiknya, nah lokasi curug ada di sebelah sana goa

ini curug yg pendeknya, yg bawah

aliran menuju hilir

ini atas sungai, tebingnya sempit, khawatir longsor

curug dihimpit tebing

nanti dari parkiran anda akan menyusuri tembok pinggir sungai kecil ini sampai ke hujung buntu

itu curug yg atasnya, kalau poto dari bawah gak bisa, makanya dari  kejauhan

tebing menggantung disekitaran curug

nah ujung tembok tadi disini nih ujungnya, alias buntu
ini sungai kering, ada air kecil sih, dan ini tempat pembuangan air dari kawah galunggung. nah disini anda harus berjalan menyusuri sungai ini hingga ke ujung sana tuh jauh...itu gunung yg datar yg mirip tangkuban perahu adalah kawah galunggung yg jadi obyek wisata itu, jika di zoom ada tangga tuh yg untuk naik ke kawah itu... nah curugnya dibawah gunung galunggung itu, hahahah pasti wegah ya....males ya..hehehe. dan saya memotret dari ujung tembok sungai kecil, trus turun kebawah nantinya