layanan iklan

Sunday, April 10, 2016

CURUG BUNAR

By; Eris Herisno

Curug Bunar ini atau air terjun bunar ini letaknya di kabupaten tasikmalaya kec .pagerageung, desa sukapada, kampung bunar
curug ini memiliki dua undakkan yg pertama memiliki ketinggian sekitar 10 mtr deras dan besar dan yg kedua sekitar 7 mtr ...airnya jernih sekali karna memang masih alami dan terdapat di sekitaran perkebunan teh..
bisa berenang di bagian bawah...
RUTE;
dari kota tasikmalaya menuju pagerageung, bisa via ciawi atau pamoyanan. tapi saya menyarankan ke pamoyanan karna lebih mudah dan dekat, jadi tasik kota menuju pamoyanan, lalu ke pagerageung, dari pamoyanan mungkin sekitar satu kilo nanti ada jalan ke kiri yaitu jalan NANGGEWER, nah masuk saja terus lurus, jalannya satu kilo mulus dan selanjutnya sekitar 7 kilo berbatu, kadang aspal parah dan tembok beton...jalannya nanjak sekali , karna waktu itu saya bersama anak saya dan ada beberapa tanjakkan yg terpaksa harus turun karna gak kuat, hehe maklum selain motor tua tahun 2004 smash,..juga jalannya galituk..
rute selanjutnya jalan kaki, nanti saya jelaskan via poto juga dibawah, biar tidak kesasar
dari tempat parkir nyebrang via pinggir rumah ada jalan setapak ke belakang rumah, lalu terus ke kiri, terus sampai nanti ke perkebunan teh..tak terlalu cape karna nanjaknya tak terlalu banyak..justru lebih mendatar kebanyakannya.. nah dari perkebunan teh , di tengah-tengah nanti lewat ke kanan,, awas jangan ke kiri.. coba berhenti dan dengarkan,,,nanti kedengaran gemuruh air...setelah masuk pinggir gunung menyusuri tebing..nanti ketemu solokkan dan belok ke kiri ikutin solokan kecil ke hulu...
dari parkiran paling 10 menit-atau 15 mnitan menuju curug..enak...seger kok ..disuguhi kebun teh
KENDARAAN;
Pake kendaraan mobil bisa, motor juga bisa, parkirnya sama..gratis semuanya, kalau pake sepeda siap siap saja velg-nya ngarampeol..
BEKAL;
harus beli di perjalanan, karna memang di lokasi curug gak ada warung
CATATAN;
ada baiknya pake sepatu
kalau hujan hati-hati karna jalan tanah merah, licin
banyak jalan labil .gampang longsor.. baik jalan motor atau saat jalan kaki , jadi hati hati

MOHON MAAF PABILA ADA SALAH TULIS
MAKLUM DARI AWAL BLOG INI DIBUAT
KONDISI LAPTOP SAYA MASIH GAK NORMAL KYBOARDNYA
 KALAU NULIS KADANG GAK BISA HURUF BESAR...GITU BRAY,,,
ini ditengah kebun teh, setelah belok kanan...nah di depan sana tuh yg rimbun keberadaan curugnya

aliran air menuju bawah curug

bagian atas curug

hehehe...di tengah teh...
o iya...yg poto atas tuh potonya dari bawah curug...