layanan iklan

tes

Tuesday, September 13, 2016

MENYINGKAP TABIR MISTERI GOA PEUNDEUY, GOA GOONG, GOA CURUG , GOA LAWANG SAKETENG DAN KAMPUNG CIKAREO

dari bawah keatas adalah jalan dikampung cikareo yg saya bulati .posisi jalan menanjak sampai ke goa peundeuy

By; Eris Herisno

Sesuai janji saya. Saya akan mengungkap tabir misteri yang ada di kampung cikareo sesuai judul diatas.. saya akan ungkap satu-persatu keanehan, keajaiban, kemisteriusan yang membuat saya ternganga sampai hari ini…
Saya akan ungkap  per-judul, lalu diakhir akan saya simpulkan.
Berikut yang pertama,

GOA PEUNDEUY;

Goa ini adalah goa yang besar lobang masuknya, namun panjangnya masih misterius, karna belum ada satu orangpun yang pernah menelusurinya sampai ujung, walau menurut cerita, konon katanya pernah ada dulu kala, namun itu hanya cerita yang simpang siur, toh sampai sekarang belum ada satu orang-pun yang tahu dimana ujungnya.
Tapi menurut Ki Adot, --sesepuh kampung-- cikareo katanya  SELAIN di dalam ada danaunya , di dalam juga ada 7 lorong, dan dinamakan 7 PINTU GERBANG, namun masing-masing ujungnya..belum begitu  diketahui .
Anehnya, air sungai yang mengalir ke dalam goa itu menuju danau yang berada di dalam goa, lalu mengalir ke goa di dalamnya lagi, yang entah kemana mengalirnya…MISTERIUS. Air terus mengalir, namun ujungnya tak diketahui, dulu katanya pernah kejadian hujan besar berturut-turut seminggu dan menutupi lobang goa, sampai ada gundukkan pohon bambu yang masuk kedalam goa, namun tak menjadikan goa tersebut mampet, tapi masuk dan entah kemana bambu tersebut keluarnya. Aneh kan.
Pernah juga ada kerbau yang masuk ke goa kebawa air, dan ditemukan di GOA LAWANG SAKETENG dalam keadaan masih hidup.
Nah inialh yang membuat saya tertarik untuk meneliti  lebih lanjut dan membuat saya meneruskan jelajah ke goa lawang saketeng selanjutnya.

GOA LAWANG SAKETENG

Biar enak saya bahas dulu Lawang Saketeng, yang artinya PINTU GERBANG, saat saya ketempat ini keadaanya sudah sedikit terkubur pintu gerbangnya, NAMUN saya tak menemukan aliran air keluar dari goa ini, yang memungkinkan gunungan pohon bambu yang masuk dari goa peundeuy  tadi keluar dari sini, sangat tidak mungkin. klau kerbau memungkinkan, karna memang lobangnya lumayan cukup bisa masuk terutama untuk kerbau anaknya karna memang bisa berjalan, tapi kalau bambu harus ada air mengalir, dan disini tidak ada aliran sedikitpun keluar dari goa. MISTERUS. ARTINYA air yang mengalir masuk ke goa peundeuy berarti bukan kesini keluarnya., kalau lorong goa mungkin saja ada hubungannya. Tapi kalau air, TIDAK.

GOA GOONG;

Ini lagi. goa yang ada di tengah sawah ini , ada aliran sungai yg deras masuk ke goa, lalu masuk kedalam tanah , kebawah goa yang tentu saja ada lobang masuk ke bawah…namun, kemana air ini mengalir…?, dimana ujungnya…?,  SAYA BENAR-BENAR DIBUAT BINGUNG. aneh, ajaib, saya coba keliling ke atas, bawah, kiri, kanan, namun tak ada aliran sungai atau rembesan yang memungkinkan keluarnya air dari goa…semua sawah..dan posisi goa ini berada di bawah goa peundeuy keberadaannya

GOA CURUG

Yang aneh dari goa ini adalah air yang mengalir dari dalam goa ini berasal dari curug yang berada dari dalam ujung goa..dan airnya berasal bukan dari sungai diatas goa, tapi dari lobang diatas goa dibawah tanah…karena saat saya cek ke atas..memang tak ada sungai, airnya benar-benar dari lobang yang mengucur kebawah goa yang masuk dan sampai ke ujung goa lalu mengalir ke sungai kecil mengairi sawah..tapi curug ini dari mana airnya?…darimana ujung lobang air  ini Berasal?…
awalnya saya angap dari goa goong…tapi pas saya cek posisi goa goong berada dibawah goa curug, jadi tak mungkin air ini dari goa goong yang mengalir kebawah tanah dan keluar dari goa curug. karna posisi goa curug berada diatasnya.
Lalu tebakkan saya air ini berasal dari goa peundeuy, dan ini sangat mungkin, karena goa peundeuy secara posisi berada di atasnya, cuman kalau masalah gunungan bambu yang masuk ke goa peundeuy tentu bukan mengalir keluar dari goa curug keluarnya, karna lobangnya kecil,

KESIMPULAN SAYA;
Air yang mengalir masuk ke goa peundeuy sebagian keluarnya dari goa curug, cuman masalah bambu yang masuk masih misterius entah kemana. Keluarnya, kemungkinan saya…, gunung bambu  tersebut masuk ke danau di dalam goa, dan terendam…, dan membusuk.
Kalau masalah kerbau yang masuk ke goa peundeuy dan keluar dari lawang saketeng itu memungkinkan sekali. karna di dalam goa peundeuy terdapat 7 lobang keluar.
Terus masalah air yang mengalir masuk ke goa goong dan masuk ke bawah goa, sampai sekarangpun masih MISTERIUS..ANEH, AJAIB, MUSTAHIL. Air deras terus masuk sementara jalan keluarnya tak ada…..kemana??, ENTAHLAH!!. saya benar-benar bingung dibuatnya.

KESIMPULAN KAMPUNG CIKAREO;
Kesimpulan akhir saya, kampung ini yang letaknya di gunung, berada diatas rongga-rongga atau goa goa yang berseliweran dibawah tanah atau dibawah kampung, dan itu dibuktikan ketika dulu kampung ini sebagian pernah amblas melesak kebawah dan penduduk sebagian pada peergi pindah tempat dan meninggalkannya sampai sekarang, sebagian lagi memang masih ada yang bertahan sampai sekarang yang katanya tak punya tempat tinggal lagi. sekian. selamat berkunjung dan amati ke ajaibannya.

No comments:

Post a Comment