layanan iklan

tes

Sunday, September 4, 2016

LAWANG SAKETENG / GOA SAKETENG, MANONJAYA TASIKMALAYA

By; Eris Herisno

hampir batal saya menjelajah..karna ada sebab tertentu. tapi karna saya harus menuntaskan rasa penasaran saya utk ngaprak di daerah cikareo manonjaya, akhirnya jam 10.30 saya memaksakan diri berangkat.. karna memang hanya setengah jam perjalanan yg ditempuh... maka sampailah saya tepat jam 11, 00.
rencananya saya akan MENYINGKAP TABIR KEMISTERIUSAN di CIKAREO ini...karna banyak goa goa yang saling berkaitan, jadi nanti akan saya ungkap secara terpisah tiap goa dan misterinya, tunggu saja.
o iya... LAWANG SAKETENG ini masih di daerah cikareo desa batusumur kec.manonjaya kab. tasikmalaya..lawang saketeng ini adalah GOA..yang jarang orang masuk kesini karna ke angkerannya...LAWANG= LUBANG...SAKETENG= kata warga sini artinya ANGKER. Jadi lobang yg angker..namun kalau saya cek dI google  LAWANG SAKETENG ARTINYA= PINTU GERBANG..LAWANG=PINTU..SAKETENG = GERBANG sayangnya dari depan tertutup belukar.kalau bersih akan indah dilihatnya. masalahnya warga sini pun tak ada yg berani membersihkannya..banyak cerita aneh yg sudah terjadi disini..jadi saya juga hanya memotret dari luar saja, 

RUTE;
searah dengan ke goa goong, goa pendeuy, lawang bedil, goa curug, curug goong..bahkan  saketeng ini justru lebih awal keberadaanya, nah liat poto dibawah ini;
jadi dari perapatan cirahong kita belok kanan saja, mungkin sekitar 4 km..akan menemukan jalan beton yg lurus itu tuh.. nah itulah jalan yg masuk ke kampung CIKAREO.....kalau ke kiri jalan aspal menurun itu ke arah karang layung

nah paling sekitar 200 mtr akan ada pertigaan ini...tapi anda ambil jalan yg ke kiri, jalan setapak, namun motor bisa masuk..

nah nanti sekitar 100 mtr akan ada rumah ini. parkir saja disana..nanti jalan kaki ke belakang rumah turun kesawah dan cenderung ke kanan..karna lokasi lawang saketeng ada di tengah sawah

BEKAL;
beli dijalan saja, 

KENDARAAN;
motor rekomendasinya

TIPS;
kalau hujan batalkan, licin. dan jangan asal ngomong kalau sudah di sekitar sana








No comments:

Post a Comment