layanan iklan

tes

Monday, September 26, 2016

CURUG MANAWAH, CURUG CHENA, CURUG MAHKOTA, CURUG NIAGARA SUNDA, ARTEPAK MISTERIUS DAN GOA MURSID DARI TASIKMALAYA

By; Eris Herisno


Hari itu sebenarnya tujuan saya bukan kesini, ini hanya pelampiasan saja setelah saya gagal mau ke curug di daerah Sodong Hilir karena hujan yang sangat besar, dan memang waktu itu saya tak punya plan lain untuk menjelajah disaat hujan..., lalu saya pulang dan setelah di daerah Singaparna ternyata hujan reda, setelah saya solat di mejsid besar akhirnya saya memutuskan untuk ke curug manawah ini, yang memang sudah lama tersimpan dan menjadi list tujuan saya.
curug ini berada tepat dibawah BATU MAHPAR, bahkan ada yang bilang kalau ini curug batu mahpar.
dulu waktu saya ke batu mahpar, jalan menuju ke curug ke bawah memang susah, jadi waktu itu tidak turun kebawah, dan sekarang saya sendiri jadi bengong, ternyata sudah menjadi wisata lokal yang lumayan hits, terbukti banyak warung, dan tempat parkir yang disediakan, coba cek BATU MAHPAR kiriman saya dulu, parkir pun saya masih di pinggir jalan, sekarang wuuuiiih...hebat..katanya sudah diolah oleh karang taruna setempat.
jadi, curug ini tepatnya berada di bawah batu mahpar, ada 5 curug dibawah sana. MANAWAH, CHENA, MAHKOTA, NIAGARA SUNDA, DAN KAHURIPAN, cuman untuk kahuripan tidak saya upload karna memang tempatnya agak jauh dan kurang menarik,
selain curug disini juga ada GOA MURSID, goa yang pendek bahkan bisa dipake tempat solat, dan sekarang sudah dibenahi pake kain merah..dan lantainya di keramik.
ada juga ARTEPAK yang unik..seperti patung naga, buaya, petruk, kadal. dll..yang konon sedang di teliti apakah asli peninggalan dahulu atau hanya buatan manusia sekarang, namun saat saya bincang-bincang dengan warga sekitar, konon artepak itu sudah ada sejak dahulu kala, cuman sebagian hanya di perjelas saja ukirannya. katanya.
baik, kita ulas satu-satu;

CURUG MANAWAH


curug ini punya ketinggian sekitar 50 meter..lumayan tinggi dan jernih airnya, tidak terlalu deras, tapi tidak kecil..cocok buat basah-basah..ada tiga curug berdampingan.. jadi terlihat besar dan gagah lihatnya, dan curug ini tepat sekali dibawah batu mahpar

CURUG NIAGARA SUNDA
curug ini seperti dari lobang alirannya..mempunyai ketinggian sekitar 10 meter...berada disisi kanan MANAWAH sekitar 15 meter, indah, jernih, mirip curug sawer di jati waras, cuman bedanya ini tidak lebar. dibawahnya airnya ditampung..hingga bisa buat mandi jujga.

CURUG MAHKOTA

sebenarnya curug ini aliran dari curug niagara sunda..namun entahlah, warga sekitar menamainya curug mahkota...tingginya paling 6 meter.,, deras..

CURUG CHENA
curug ini juga sebenarnya terusan dari curug manawah, tingginya sekitar 4 meter, dan terdiri dari 2 curug berdampingan. yang unik dari curug ini adalah batu penyangganya yang berwarna kemerahan sedikit orange sih...yang tentunya membuat airnya seperti berwarna.

CURUG KAHURIPAN
nah ini gak saya upload karna memang agak jauh sekitar 20 meter dari curug chena..yang membuat saya tak ke curug ini adalah jalannya harus menelusuri sungai dan sedikit hieum../angker.. dan curugnya pun kecil. merupakan rembesan dari bebatuan..

GOA MURSID



goa ini akan kita temui langsung karna memang keberadaannya tepat sebelum ke curug manawah atau setelah curug niagara sunda.
goanya berbentuk ceruk. pendek, dan sering dijjajdijkan untuk solawatan, atau jiarah atau minta keberkahan, katanya. sekarang goa ini sudah di keramik, ada karpet dan saajdah, dan atasnya pake kain merah.

ARTEPAK





sebuah ukiran di bebatuan akan anda temui disini, menyeramkan sih, ada naga, kadal, petruk, buaya, dll. katanya ini sudah ada sejak lama, cuman sedikit diperjelas ukirannya oleh orang jaman sekarang yang tak tahu juga siapa yang memperjelasnya. dan sekarang sedang diteliti keasliannya

nah jadi sekali berangkat anda bisa mengunjungi beberapa tempat unik disini, jadi, tunggu apalagi.






RUTE
baca saja BATU MAHPAR

KENDARAAN
bebas

BEKAL
sekarang jngan khawatir, buanyak dilokasi


3 comments: