layanan iklan

tes

Monday, August 22, 2016

GOA PEUNDEUY / MAHARAJA. MANONJAYA KAB. TASIKMALAYA

By; Eris Herisno

setelah sekian lama tertunda penjelajahan saya karna selalu hujan. akhirnya saya memaksakan diri hari minggu menuju sebuah goa yang ada di Manonjaya Kab. Tasikmalaya. tepatnya di kampung Cikareo desa Batusumur.
Goa ini saya dapatkan infonya dari teman di kampung cihurip yg bersebelahan dengan kampung cikareo. cerita mengenai goa ini pun mengalir dengan deras dari temen saya..aroma mistis selalu menjadi bumbu dari setiap goa yang saya kunjungi
panjang goa ini kurang lebih 1-2 kilo meter..bayangkan panjangnya...seratus meter ke dalam goa ada danau...what..! danau ? iya danau...jadi kalau anda mau sampai ke ujung goa harus nyebrang danau dulu..tapi jangan khawatir ,, di dalam sudah ada perahu terbuat dari bambu buatan warga sekitar...namun hati-hati..aroma mistis menyengat di danau ini...pernah kata warga danau ini tiba-tiba airnya tersedot ke bawah...lalu ke atas lagi hingga luber banjir...warga yg sedang mancing-pun berhamburan keluar goa. saking takutnya..dan setelah itu..warga pun jarang ada yg berani ke danau ini lagi
dalamnya danau pernah diukur sepanjang pohon bambu, namun tetap belm sampai.
di dalam goa ada terdiri dari 2 lantai...diatasnya ada seperti tempat berkumpul rapat, ada meja terbuat dari batu..
dinamakan goa peundeuy karna dulu di depan goa ada pohon peundeuy yg sekarang sudah tiada.. namun baru-baru ini pemerintah setempat mengganti namanya dengan nama; Goa Maharaja karna melihat sejarahnya yg konon bekas berkumpul para raja jaman dahulu

RUTE;
hampir sama searah dengan ke Dam CIGOANG..jadi baca saja DAM CIGOANG...bedanya nanti sebelum turun menuju ke pabrik tepung singkong yang ada mesjid.. ada jalan beton ke kanan. nah belok saja...mungkin sekitar 10 mnitan nanti belok kanan lagi...saya sarankan banyak nanya..karna utk menuju goa motor parkir di pinggir jalan dan turun kebawah lewati kebun jalan setapak kecil...saya lupa memotret tiap persimpangan jalan.. maklum hujan..jadi buru buru..

KENDARAAN;
sarankan motor saja...mobil jauh parkirnya

BEKAL;
jangan khawatir...banyak warung di kampung sana

TIPS;
bawa senter,, jangan seperti saya..hehehe lupa...


di dalam goa. dibawah stalagtit



No comments:

Post a Comment