layanan iklan

tes

Monday, August 29, 2016

GOA GOONG. GOA ANEH DARI MANONJAYA KAB.TASIKMALAYA

By;Eris Herisno

Masih seputar manonjaya kampung cikareo...perjjalanannya masih satu arah ke goa pendeuy, lawang bedil, dan curug lawang bedil.
bedanya kalau ke goa goong mundur sekitar satu kilometer...jadi posisinya jauh sebelum ke goa peundeuy..atau lawang bedil
Goa ini berbentuk batok kelapa yg berdiri, cekung. sebesar rumah..jadi bentuknya tidak memanjang. namun menyimpan ke MISTERIUSAN yang cukup membuat mata TRERBELALAK..karna ada aliran sungai yg lumayan deras masuk ke goa ini dan tembus ke bawah goa, semacam ada pusaran air. dan sudah pasti ada lobang ke bawah...masalahnya kemana air itu mengalir???. jawabannya; boro-boro saya. orang tua disana pun belum ada yang tahu, benar- benar misterius. soalnya diatas goa sawah, dibawah goa sawah. kiri kanan sawah...saya sempet keliling ke bawah sawah liat-liat mungkin ada sungai. tapi ternyata tidak ada. lalu kemana air itu dialirkan??. ENTAHLAH.
lokasi masih di kampung cikareo, desa batusumur kec.manonjaya kab. tasikmalaya

RUTE;
sama dengan ke arah goa peundeuy dan lawang bedil, bedanya justru kalau ke goa goong jauh sebelumnya, mundur sekitar 1 km. tepatnya di sebrang madrasah al-khoer ada jalan ke bawah bisa pake motor dan mobil, di sebrang madrasah ada rumah  pak yamin, beliau kuncen yang tahu seluk beluk goa goong...boleh ngobrol dengan beliau kalau mau... tanya saja tentang saya --eris herisno--dari mitra batik...nah  dari madrasah ini mungkin ke lokasinya sekitar 50 mtr saja.lalu parkir motor dipinggir jalan..lihat poto dibawah ini, saya parkir motor---sayang sekali saya lupa memotret madrasahnya---
itu saya parkir diatas gorong-gorong sungai kecil, ada pilar batu tembok. lokasi goa di sebelah kiri sekitar 20 mtr, anda tinggal turun ke bawah menyusuri jalan setapak

itu yg ada pohon pisang, yg rimbun, disanalah goa tersembunyi
KENDARAAN;
mobil bisa, motor bisa, sepedah bisa

BEKAL;
beli dijalan saja, di lokasi ga ada warung..sawah semua

TIPS;
jangan sompral / ngomong sembarangan --kata orang sana saya juga--
jangan ngambil apapun dari lokasi
hati hati licin
dibalik rimbunan inilah goa berada, 
sayang sekali saya tak masuk ke goa karena licin dan susah turunnya dan khawatir amblas masuk ke pusaran air,  masuk ke lobang yang entah kemana ujungnya. hiiiiiiii


ini poto dari kiri goa, dari kejauhan..itu yg rimbun goanya

di belakang saya goa berada




No comments:

Post a Comment