layanan iklan

tes

Sunday, August 28, 2016

GUNUNG LAWANG BEDIL / GUNUNG LOBANG SENAPAN YG MISTIS DARI MANONJAYA, KAB TASIKMALAYA

By; Eris Herisno

Rada serem juga saat saya mau masuk ketempat ini, aroma mistis dari kata warga sekitar begitu mencekam..apalagi saat itu saya sendirian.
dinamakan LAWANG BEDIL atau LOBANG SENAPAN dalam bahasa indonesia, karna disini suka terjadi ledakkan misterius...kadang banyak orang berdatangan dari kampung lain hanya untuk melihat ledakkan dari sini. tapi anehnya, warga sekitar sini malah tak mendengar apapun, entahlah.
saya hanya menjelaskan secara logika saja; mungkin di kejauhan sana terjadi hujan, hingga suara geluduk disana memantul ke dinding batu gunung ini, tapi ini hanya penjelasan saya saja
yang uniq dari gunung ini terdapat bongkahan batu besar di pinggir gunung yang curam..ada lobang sebesar pintu yg penuh mistis, sayang sekali saya tak sempat memotret lobang tersebut
lokasi tempat ini tepatnya di kampung Cikareo, Desa Batu Sumur . Kec, Manonaya. Kb. Tasikmalaya, searah dengan ke GOA PEUNDEUY

RUTE;
baca sja goa peundeuy..karna sama..bedanya dari goa pendeuy tinggal melanjutkan saja kejalan tanah merah keatas, dari goa peundeuy mungkin sekitar 300 mtr'an

KENDARAAN;
rekomendasi motor trail..saya sendiri motor bebek biasa yang ban belakangnya diganti ban tahu..namun tenaganya kurang apalagi saat menanjak. karna disini banyak tanjakkan yg sering membuat hati ciut..

BEKAL;
beli dijalan saja..

TIPS;
-usahakan saat kemarau. karna kalau musim hujan disni basah walau tak hujan 3 haripun karna tertutup pohon jalannya jadi tak terjemur matahari
-motor usahakan yang pake ban tahu, soalnya banyak tanah merah

nah setelah belok kanan dari perempatan cirahong , sekitar 4 km anda akan menemukan jalan ini. itu di depan mesuk saja ke jalan beton yg lurus...karna jalan utama ini belok kiri ke bawah

banyak tanya saja, mau ke goa peundeuy,,karna arahnya sama...nah itu dari saung kalau ke goa peundeuy tinggal turun ke bawah jalan kaki, ada jalan setapak. kalau ke lawang bedil belok kanan menuju jalan tanah merah

ini dia jalan tanah merah, nanti akan ada pertigaan di depan, belok kiri saja

nanti jangan lurus ke bawah..tapi menuju jalan kecil ke atas tuh, itu menuu lawang bedil

nah, itu motor saya. parkir disini saja. lalu jalan kaki ke belakang rumah ini persis tempat saya memotret. mau pake motor juga bisa, cuman jalannya nanjak luar biasa, kalau saya khawatir ga naik, tapi kalau motor anda vit boleh lanjut pake motor

itu sebagian dinding batu besar,,

ini batu besar ada air terun ke bawah setinggi 80 mtr

bongkahan dinding batu besar di atas gunung

ada curug kecil disela batu