layanan iklan

tes

Tuesday, August 30, 2016

GOA CURUG..CURUG MISTERIUS DARI MANONJAYA. KAB .TASIKMALAYA

By; Eris Herisno

deg degan juga saat saya memasuki goa ini..ditemani Pak Yamin sang kuncen dan adiknya Anton..
panjang goa sekitar 15 mteran..dari luar sempit, namun setelah kedalam lumayan bisa berdiri..banyak kelelawar gelantungan..gelap..namun tak lama setelah sampai ujung goa nampaklah keindahan curug dari luar atau atas goa yg mengalir deras..jadi goa ini tembus ke atas. tepat di tengah belukar gunung kecil yg banyak pohon bambu.
namun...ANEHNYA...ternyata diatas goa ini tidak ada sungai mengalir atau solokan kecil tempat air tercurah...saat saya ke atas goa, memang tembus ke atas, tapi airnya berasal dari dalam tanah dari lobang yg entah dari mana sumber airnya...saat saya tanya Pak Yamin..Ia pun geleng kepala...penduduk sini pun tidak ada yg tahu pasti ndari mana air itu berasal

RUTE;
sama dengan ke goa goong, goa peundeuy, lawang bedil, jadi baca saja, bedanya lokasi parkir bisa dari parkiran saat saya ke goa goong karna memang dari goa goong hanya sekitar 50 mtran terpisah..atau maju lagi sekitar 20 mtr tepatnya pas tempat penggilingan gabah. 

KENDARAAN;
sama, baca saja goa goong

BEKAL;
idem

didalam goa, nampak Anton menyalakan senter hp

curug diujung goa..tembus keatas, namun airnya bukan dari atas, tapi dari lobang


poto dari atas goa...

sepulang dari goa, saya disuguhi gula aren asli...makasih Pak Yamin

No comments:

Post a Comment