layanan iklan

tes

Sunday, March 13, 2016

CURUG CINUNJANG

CURUG CINUNJANG
By; Eris Herisno

--seperti biasa, saya minta maaf, jika ada salah tulis atau yg kurang kena tulisannya, karna LAPTOP SAYA bermasalah di kyboardnya...---
sebenarnya, curug cinunjang ini sudah lama menjadi DPC saya...--Daftar Pencarian Curug--hahaha...dan sudah tersimpan lama di list saya, yaitu sejak saya mengunjungi curug sawer. waktu itu saya dapat info dari warga yg saya titipkan motor, bahwa disana ada curug cinunjang, pas pulang saya search ke ajengan google. dan menemukan di beberapa blog tentang curug cinunjang ini..tapi karna PLAN saya sudah kuat bahwa utk minggu-minggu ini saya akan ke curug seputaran cikatomas, maka cinunjang ini saya simpan dulu.
dan,,alhamdulillah, semua curug di seputaran cikatomas sudah saya jelajahi, dan kini ke curug cinunjang.
ada yang mengharukan perjalanan ke curug ini...selain karna saya tersesat beberapa kali waktu trackingnya, saya juga menemukan 3 curug baru, yaitu curug TI'AH, dan dua lagi CURUG TANPA NAMA..---nanti saya bahas satu satu secara terpisah dengan judul, URUG TI'AH, CURUG TANPA NAMA 1, DAN CURUG TANPA NAMA 2.
curug cinunjang ini lokasinya berada di kampung cinunjang, desa mandala mekar, kecamatan jatiwaras...RUTEnya sama dengan ke curug sawer..---nanti di bahas di BAB RUTE.--
tracking ke curug ini sangat membingungkan...selain jalan setapak yg sudah hilang terkubur ilalang karna memang ke curug ini jarang yang mengunjungi..juga turunannya curam. berkali-kali saya menemukan jalan buntu di depannya jurang atau semak belukar yg sulit di tembus..sampai saya harus balik lagi ke atas ketemu warga dan bertanya, hampir saja saya membatalkan perjalanan ini...saking putus asanya...setelah dapat kepastian dari warga, saya terjun lagi menembus belukar..akhirnya saya pun menemukan jalan setapak yg lumayan sedikit nampak..tapi..., lagi-lagi saya tersesat..karna memang banyak persimpangan dan jarang ada org untuk bertanya, maklum di hutan yg lebat.. saya tersesat ke kampung sebelah bawah..dan bertanya lagi. dan harus balik lagi sekitar 300 mtr menunju simpangan..tapi dari sini saya menemukan rute baru, setelah melihat ada motor di rumah warga tersebut, berarti bahwa utk menuju curug cinunjang ini bisa melalui dari cibalong dan terus menuju rumah warga yg dibawah tersebut,--- karna letak rumah warga ini masuknya ke cibalong---, kalau dari sini trackingnya sangat tidak terlalu ekstrem dan deket..
akhirnya saya lanjutkan dan menemukan curug, ada anak-anak disana yg sedang mencari kayu bakar, saat saya tanya ''curug apa ini'', dan saya kaget bukan kepalang . namanya curug TI'AH atau landeuh.....LHO...
lalu dimana curug cinunjang ....
dan kata anak anak tersebut ada di atas curug ti'ah lokasinya
antara gembira dan kecewa karna lelah...kecewa karna bukan curug cinunjang yg saya maksud, dan gembira karna saya menemukan curug baru yg belum ter eksplore luas.
tak ambil banyak waktu, karna sudah siang sayapun segera juprat-jepret, poto sana sini, lalu narsis..hehe...
setelah itu saya melirik ke bawah curug tiah, sepertinya ada curug lagi di bawah...dan saya bertanya lagi ke anak anak...dan katanya itu tak ada NAMANYA...SAMBIL BENGONG,,,saya pun cepet cepat menuju curug lalu poto poto lagi...dan saya kasih nama curug TANPA NAMA 2...nanti saya jelaskan kenapa dikasih nama curug tanpa nama 2.
lalu saya segera ke atas utk menuju cinunjang....duh lumayan leklok...lutut di dagu...tanjakannya maknyos...sampai 7 metr sekali saya istirahat dan minuman pun habis...bis..bis...
lalu saya mampir kesungai yang saya kira mungkin ini curug cinunjang...karna sekali lagi disana jarang pengunjung...jadi saya kira-kira saja jalannya..
eeehhh...saya menemukan bapak tua sedang mengembala sapi tepat berada di sungai...lalu saya bertanya ini curug apa...dan jawabannya INI BELUM ADA NAMANYA....nah lho....haduuuuh...saya cape bukan kepalang...lalu bapak tersebut menjelaskan bahwa cinunjang tepat berada di atasnya sekitar 20 mtr..tinggal manjat ke gunung lagi...katanya...
karna curug tersebut lumayan bagus,,saya pun juprat jepret lagi disana...buat di eksplor, dan saya kasih nama CURUG TANPA NAMA 1...dikasih nomer satu karna posisinya ada di atas,,dan yg tadi dikasih nama nomor 2 karna ada di bawahnya...gitu ceritanya,
jadi urutannya masih satu sungai dengan cinunjang, dari atas CINUNJANG, lalu CURUG TANPA NAMA 1, lalu CURUG TI'AH, lalu TANPA NAMA 2...gitu
sebenarnya kata bapak tadi di bwahnya lagi ada lagi, Namanya LEUWI LIAB, dan terus ke bawah lagi  namanya LEUWI KORET, --kebetulan saya ada rekamannya dengan bapak tersebut...---tapi karna lelah saya memutuskan  langsung saja ke cinunjang
akhirnya,,sampe juga...ini dia...curug cinunjang, persis ketika saya lihat di para bloger bentuknya, namun kondisinya sedikit berubah...setelah saya dokumentasikan secara detail..sayapun segera pulang, naik ke atas..waktu menunjukan setengah dua siang...dan hohohohoh...capenya bukan main...mungkin lebih dari 5 kali saya istirahat ngajoprak dijalanan...minuman habis,,,duuuuh..haus tak terkira....
dan saya-pun sampai diatas, lalu segera menuju warung besar...leguk-leguk-leguk minum air dingin...hahaha..
RUTE;
baca saja blog saya di CURUG SAWER, karna perjalanannya sama satu arah, bahkan posisinya berada sebelum ke curug sawer, yaitu di kampung cinunjang, dan tanya saja warung besar,,atau warung ageung istilah org sana, karna dari warung tersebut belok tepat ke belakang warung, nanti 200 mtr jauhnya di titip saja di rumah warga disana.parkir....lalu jalan kaki ke belakang rumah
BEKAL;
beli saja di warung besar, banyakin air minum, dibawah gak ada warung
KENDARAAN
mobil bisa, motor bisa...bedanya kalau motor jalan kakinya deket..kalau mobil parkirnya di warung trsebut
CATATAN
harus yg siap fisiknya baik laki atau wanita
harus pake sepatu apalagi di musim hujan
harus banyak tanya kalau ada org di bawhnya

ok..ini dia potonya kawan';
poto dari tengah curug

bawah curug menuju curug tanpa nama 1

curug kecilnya setelah cinunjang yg tingginya 30 mtr, bisa berenang

heheh

artis kan gini...

No comments:

Post a Comment