layanan iklan

tes

Monday, March 7, 2016

CURUG BAKOM

By; Eris Herisno

sebenarnya curug bakom ini mau saya jelajahi saat saya ke curug koja..karna posisinya memang sebelah bawah dari koja, sekitar 100 mtr... cuman waktu itu saya sudah lelah dan sore dan lagi mau hujan, soalnya saya ke koja ngambil jalur dari kampung citeureup desa pakemitan,..jalannya tanah licin dan ekstrem , nanjak dan lewati jurang luar biasa ngeri...jadi khawatir tergelincir bakhirnya saya pulang...karbna lewat jalur citeureup jadi bakom tak terlewati.. gitu
nah hari ini saya sengaja ke curug bakom langsung dan lewat jalur lain, yaitu desa linggalaksana kampung citamiang., jadi koja ada di atasnya..
curug bakom ini ada tiga undakan, dua undakan pendek dan satu tinggi sekitar 70 mtr
sekarang saya sudah bisa membedakan yg bagus jalan mana utk ke koja antara jalur citamiang desa linggalaksana dan jalur citeureup desa pakemitan '..dan jawabannya;
jika lewat linggalaksana jalurnya jauh 5-6 kilo dari alun alun cikatomas ke parkiran dan trackingnya jauh juga sekitar 30 mnitan TAPI jalannya tak terlalu nanjak...dan tak banyak jurang ekstrem
nah jika jalur pakemitan menurut saya lebih deket sekitar 3-4 kilo saja sampai parkiran TAPI trackingnya bikin deg deg plas...hoho,,jurangnya ekstrem... lutut di dagu,..harus hati hati sekali dan jalan kakinya paling 15 mnitan...jadi silahkan pilih saja
satu lagi; jika ke curug koja lewat desa linggalaksana anda akan melewati curug bakom terus ke koja namu tak akan melewati leuwi celeng,, karna pasti tak kuat ...lelah...soalnya jalan ekstremnya 2 kali
 tapi jika lewat pakemitan anda akan lewat leuwi celeng. terus ke koja bisa terus ke bakom...karna tracking ekstremnya satu kali...nah...lho..pilih mana...silahkan
RUTE
baca saja curug koja dan celeng
KENDARAAN
ada baiknya pake motor biar jalan kakinya deket
BEKAL
ad baiknya beli di perjalanan..
CATATAN; sayang sekali saya tak ke bawah curug bakom, yang mana sebenarnya curug bakom yang UTAMA itu berada persis dibawah poto saya ---LIHAT POTO YG ATAS---...dan poto poto ini saya ambil dari atasnya...karna waktu itu saya bersama anak saya, jadi khawatir gak kuat fisiknya..
INI bagian atas bakom, tepatnya di pelatarannya

sama masih diatasnya

sama, ini menghadap ke hulu potonya, di undakan pertama

itu anak saya ngikut

ini di undakan kedua

ini hampir ke undakan ke tiga,,jurang..


dan itu saya berada di pinggir jurang yg tingginya sekitar 70 mtr, dan dibawahnya itulah curug bakom yg utamanya

No comments:

Post a Comment