layanan iklan

tes

Monday, May 9, 2016

LEMBAH BONGKOK GN SYAWAL DAN LOBANG TIMAH DAN CURUG CINGEMBAT DAN CURUG CILOPADANG YG GAGAL SAYA TEMUI

By; eris hersino

jika cek di google, ada yg bilang ini LEMBAH CIBARUYAN...ada juga yg bilang LEMBAH CIKUJANG...heheheh
kalau saya lebih senang menyebutnmya LEMBAH BONGKOK. karna saya sudah 3 kali kesini dan lembah bongkok yg lebih dikenal dari saat dulu pertama kali sampai yg ketiga kalinya...
tapi tak terlalu salah sih...disebut lembah cikujang karna memang berada di kampung cikujang. disebut lembah cibaruyan karna memang itu sungai cibaruyan..dan saya menyebut lembah bongkok karna sungai itu berasal dari gn bongkok yg mengalir ke gn syawal...
dulu,...kondisi pinggir kalinya belum ditembok...masih alami banyak belukar, dan sekarang sawah...dulu kita bisa bersalin di balik gundukan belukar, sekarang gak bisa...sawah semua. ah sudahlah...gpp...
o iya...mengenai lobang timah dan  curug cingembat yg gagal saya jumpai, nanti dibahas di bawah
KENDARAAN;
motor bisa mobil bisa, tapi yg mampu berjalan di bebatuan...karna sepanjang 3 km jalan berbatu hingga ke parkiran
RUTE;
dari kota tasik masuk indihiang, terus belok kanan yg menuju ke cihaur beuti, kemudian belok kiri, sekitar 10 mtr belok kanan lagi ke sukahaji terus menuju kampung cikujang sekitar 8.km...perkiraan saya 5 .km mulus dan aspal terkelupas...3, km berbatu
BEKAL;
ada warung disana



waktu kesini kondisi airnya keruh dan besar

LOBANG TIMAH
o iya...mengenai lobang timah sebenarnya tepat berada di samping kanan sungai cibaruyan ini...tinggal sedikit ke atas...disana ada bekas galian waktu jaman jepang dahulu...tapi, sayang sekali pas saya kesana bekas galian sudah terkubur belukar, jadi hilang..tapi bangunan bekas jaman jepang masih ada...lupa saya poto..

CURUG CINGEMBAT
ceritanya setelah dari cadas ngampar sadananya..saya langsung mencari curug ini...tapi sayang sekali, lokasinya jauuuuuuh di tengah hutan..ketika saya tanyakan. jalan kakinya bisa 2 jam..itupun kalau gak kesasar, karna jalannya sulit ditembus dan banyak jalan setapak terkubur semak belukar.
curug cingembat ini lokasinya berada di hutan gunung yg saya sendiri kurang tahu namanya..tapi motor parkirnya di kampung bobojong jalur sukawening. dari cadas ngampar kita balik lagi sekitar 500 mtr..terus belok kiri. tanya saja kampung sukawening..mau ke bobojong...

CURUG CILOPADANG
ditengah pencarian curug cingembat itu, saat saya bertanya ke warga, ternyata ada juga curug cilopadang, namun sayang sekali, kondisinya pun sama, susah ditembus, harus pake penunjuk jalan.
curug ini berada di kampung cilopadang..jalurnya dari cadas ngampar terus saja ke atas...tanya saja mau ke cilopadang...

dan karena GAGAL saya temui...akhirnya saya ke LEMBAH BONGKOK.. yg sudah saya jajakki yg ke 3 kalinya, tapi belum saya eksplore, dan yg ke 4 kalinya inilah saya sengaja mengeksplorenya...

No comments:

Post a Comment