layanan iklan

tes

Tuesday, May 31, 2016

CURUG CIGODOMANG / CURUG NINI--''NENEK''-- KAB TASIKMALAYA

By; Eris Herisno

Perjalanan ke CURUG NINI atau dlm bahasa indonesia berarti AIR TERJUN NENEK ini sebenarnya keluar dari plan.. jadi saya mengunjunginya secara tak sengaja..ya , sebenarnya tujuan saya waktu itu mau ke GN BATU DI PARUNG PONTENG. namun saat di perjalanan secara tak sengaja saya melihat plang tulisan Curug Nini..di daerah kampung Sawah Kidul dengan arah panah ke atas jalan menanjak...sepontan saya rem motor saya, lalu jiwa petualang saya muncul..''ah gak apa-apa kalau saya ke curug dulu..nanti ke gunung belakangan''. begitulah kata hati saya.
lalu saya tancap gas menuju Curug Nini.dan ternyata oh ternyata...disana terdapat 4 Curug yg belum terekspos di medsos secara luas...heheh,, tentu saja saya bangga..mudah mudahan saya org yg pertama mempublish nya,,,hahaha...curug apa saja nanti boleh cek setelah saya upload  Curug Nini ini. setidaknya ini namanya; CURUG ADMA, CURUG CILANGKAP, CURUG CIBATUR DAN YG INI CURUG NINI...
yg unik dari curug ini yaitu strukturnya yg mirip dengan Curug Koja..cuman ini lebih pendek dan kemiringannya tidak terlalu vertikal seperti di Koja.
lokasinya terdapat di kampung Sawah Kidul desa Giri Kencana Kec. Parung Ponteng Kab. Tasikmalaya. tinggi Curug ini sekitar 15 mtran...airnya jernih bisa buat basah basah

RUTE;
jujur saya tak terlalu memperhatikan rute karna memang ini gak sengaja perjalanannya, tapi setidaknya saya punya patokan sprti ini; dari Kota Tasikmalaya menuju arah Kawalu,,,terus Urug,..terus menuju Sukaraja...terus saja lurus..nanti ada pertigaan dan ada tulisan menuju Parung Ponteng yg ke arah kanan...terus saja  tanyakan mau ke kampung Sawahilir..karna masuknya yg enak dari Sawahilir..bukan dari Sawah Kidul..., nah nanti ada mesjid seperti poto dibawah ini;
itu dia TULISAN SAWAHILIR
nah kamu masuk saja ke mesjid itu kaerna di belakangnya ada jalan tembus jalan tembok gang kecil cukup dua motor dan membelah pesawahan...lalu nanti ada seperti  poto dibawah ini;
nanti akan melewati jembatan ini
dan akan melewati pesawahan nini,, terus saja ke atas tuh.,.paling dari gundukkan pohon pisang itu ke parkiran sekitar 20 mtr,,sudah deket.


nah nanti parkir di sini..itu motor saya..nanti kamu datangnya dari sana tuh yg ada genteng...dari parkiran ini kamu tinggal loncat ke bawah, terus ikutin jalan setapak menuju sawah karna dari sini curugnya sudah kelihatan

itu dia curugnya, poto dari parkiran

masih BAB rute, kamu jalan kaki saja ke bawah..ikutin menuju arah ke curug...
o iya...kalau saya kemarin masuknya lewat sawah kidul..karna memang nemu plang papan tulisnya juga dari sawah kidul. namun saya sarankan JANGAN MASUK DARI SAWAH KIDUL..percaya deh sama saya..soalnya ada yg jalannya curam..kalau kurang mahir bisa terjun ke jurang ngagulitik, saya juga hampir balik lagi dan hampir terpeeset, sudah tajam, curam lagi..lebih baik dari SAWAHILIR SAJA...jadi kalau saya masuk dari sawah kidul.. dan pulangnya tembus ke sawah hilir,, itu juga dikasih tahu warga..

KENDARAAN;
sudah ke tebak kan...lebih baik pake motor..kalau pake mobil parkirnya di mesjid tadi..

BEKAL;
beli di mesjid tadi..atau di perjalanan, disini gak ada warung..saya juga kehausan,. lupa bawa bekal
poto dari atas curug

poto dari pinggir curug, itu rumah yg saya parkirkan motor





1 comment:

  1. Om coba deh perhatiin bentuk curug ny. Mirip kepala anjing.

    ReplyDelete