layanan iklan

tes

Thursday, January 5, 2017

SITU LENGKONG/ PANJALU, KAB . CIAMIS

By; Eris Herisno

saya punya pekerjaan rutinitas yang selalu melewati jalan tanjakkan Jahim panjalu, yang terkenal curam itu, dimana dari jalan ini Situ Panjalu terlihat jelas dari atas gunung.
lumayan lama saya ingin ke situ ini, tapi selalu saja tertunda karna berbagai hal.
dan saat saya ke Curug Tujuh, barulah pulangnya saya menyempatkan diri main kesini, dan ternyata..luar biasa rame dan indah..
SITU LENGKONG atau ada juga yang bilang SITU PANJALU, karna memang lokasinya di kecamatan Panjalu.
o iya..situ itu artinya danau..atau bisa juga kolam besar yang sedikit ngumpet jauh dari pemukiman warga...karna saya masih inget apa kata Almarhumah Nenek saya ketika menunjuk jalan yang harus saya lewati ketika saya disuruh membelikan sesuatu''lewat situ''  katnya, dan yang disebut situ ternyata kolam besar yang memang jauh dari lokasi pemukiman...
luas Situ ini ratusan hektaredan dalam sekali, di tengah ada pulau kecil dan terdapat makam leluhur yang dijadikan jiarah untuk mencari berkah

RUTE;
baca saja curug tujuh

KENDARAAN;
bebas

BEKAL;
gak usah khawatir, buuuaanyak..





No comments:

Post a Comment