layanan iklan

tes

Monday, February 22, 2016

CURUG KOJA

By; Eris Herisno

masih dalam rangka ngaprak curug, kali ini saya berada di curug koja, TEPATNYA DI KP, MEKARSARI DESA LINGGALAKSANA, KEC. CIKATOMAS.
awalnya saya mengira curug ini ada di kampung citeureup, desa pakemitan, ternyata salah...karna memang saya masuknya lewat kp citeureup.
curug koja ini unik...selain punya ketinggian sekitar 70 mtr,,posisinya juga vertikal..jadi benar benar curam...airnya lumayan banyak dan bisa berenang. cukup megah juga sih...punya ciri khas tersendiri.
ceritanya saya mengunjungi koja ini sesudah dari curug dengdeng, jadi karna memburu waktu, saya cuman ke 3 curug saja yg sempat, dengdeng, koja dan celeng, nanti saya jelaskan tntang curug celeng secara terpisah
sayang sekali waktu saya kunjungi curug koja ini, kondisi debet airnya sedikit.. jadi gak full airnya..
RUTE
sebenarnya ada dua jalan menuju koja ini, yaitu..1- dari tasikmalaya menuju dari alun alun cikatomas terus belok kanan sekitar 5-6 kilo-karna saya belum pernah jalan sini jadi gak terlalu banyak tahu, hanya tahu dari warga sekitar sana saja. nah ada jalan ke 2- yaitu dari alun alun cikatomas..lurus nanti ada pom bensin lurus lagi sekitar 100 mtr ada batas desa cogreg pas jembatan kecil, nah belok kanan langsung menuju parkiran. jadi tempat parkir itu tepatnya di kp, citereup, desa pakemitan, kec cikatomas..jadi beda..antara jalan ke satu dan kedua,, saya blm bisa menjawab mana yg lebih mudah, karna blm tahu. cuman kalau masuk jalur citeureup nanti anda akan melewati leuwi celeng- ada yg bilang curug celeng-- dan leuwi panerusan terus ke curug koja...jadi tiga wisata terlewati..nah di bawah curug koja sekitar 100 mtr ada curug cibakom, namun saya gak sempet karna sudah sore,,rencananya dilain waktu mau ke cibakom.
sementara kalau jalur mekarsari...anda akan melewati cibakom dulu lalu ke curug koja,, ITU PERBEDAANNYA...OK. nah dari parkiran ci tereup di teruskan dengan trakking, dan lumayan ekstrem...jalan setapak melalui bukit dan curam luar biasa, jadi harus hati hati, bisa masuk jurang kalau tergelincir.
KENDARAAN
ada baiknya pake motor, tapi hati hati, kalau hujan mendingan DIBATALKAN. karna jalur citeureup yg saya lalui jalannya dari beton dan licin ada yg berlumut, dan menurun tajam...jam..jam..jam..jadi kalau di rem, otomatis ti sorosod ban kana beton...khawatir tergelincir.. smntara kalau mobil kejauhan jalan kakinya
BEKAL
lebih baik beli dijalan saja, karna disana ada warung tapi gak komplit.
CATATAN
--tidak cocok utk piknik keluarga, karna medannya berat, apalagi bawa bayi dan nenek-nenek..ini cocoknya utk kaum muda yg hobi petualang.
--kalau hujan mending gak usah
suasana di tempat parkir kampung ci teureup...

poto dari sisi kanan...yg rimbun. gelap jadinya

sayang gak kelihatan curugnya

poto dari tengah sungai

dari depan curug saat baru turun dari parkiran, lewati bukit

wkwkwkwk...saat sudah kembali ke parkiran menuju pulang. sendal sampai calangap, dan ngajoprak capenya luar biasa


No comments:

Post a Comment