layanan iklan

tes

Sunday, February 21, 2016

CURUG DENGDENG

By; Eris Herisno


lama sekali saya ingin ke curug/air terjun yang satu ini, namun selalu ketunda karena berbagai hal.
awalnya saya berencana ke curug lain, tapi pas hari sabtu saya browsing lagi untuk memastikan ke curug mana minggu besok berangkat, dan saya lihat kembali dari sebuah blog betapa indahnya curug yg satu ini. akhirnya saya bulatkan bahwa jelajah esok minggu untuk ke curug dengdeng saja. titik.
saat minggu pagi hari, kembali saya ragu, bukan apa apa..jauhnya itu lho yang membuat saya rada teupurun-males-, tapi saya bulatkan tekad lagi, dan akhirnya saya pun berangkat jm 08 lebih 15...
dan. HOHOHOHOHO...saya sangat beruntung sekali berangkat ke curug ini, saya sempat tertegun.., ternyata benar kata orang; INI ADALAH NIAGARANYA TASIKMALAYA..dahsyat men...langsung saja saya terjun untuk poto-poto buat di eksplore di blog dan yusuf,, eh youtube. 
waktu saya baca di berbagai blog, curug dengdeng ini masih belum begitu banyak pengunjung dan masih serba gratis dan alami, tapi pas saya kesini ramainya luar biasa. saya hitung jumlah motor mungkin mencapai 500 kurleb..dan ternyata hasil ngobrol sama warga disana, sekarang curug ini katanya sudah di kelola oleh swasta, yaitu pengusaha dari ciamis, dan rencananya sebulan kedepan jalannya akan dibesarkan dan dibangun --karna pas saya kesini jalannya masih ada tanah merah berlumpur, nanti liat di poto--dan memang saya berterimakasih sekali pada warga disana yang telah membuatkan jalan jalan yang memudahkan pengunjung menuju curug, dari membuat anak tangga tanah merah yang di palangi bambu, atau memahat batu dan cadas menjadi anak tangga buatan...luar biasa..terimakasih sekali.
jujur, curug inilah yang menurut saya paling istimewa di hati, bagus, indah, sangat perkasa dilihatnya. o iya..curug ini tepatnya berada di kampung cilerese, desa tawang, kec, panca tengah. awalnya saya mengira kec. cikatomas, tapi ternyata salah, karna memang posisinya berbatasan dengan  panca tengah dan cikatomas, jadi  di youtub saya salah, dengan menyebutkan kecamatan cikatomas, mohon maaf ya, harap maklum, dan ini youtub saya, buka saja' eris herisno'..nanti juga ada. danjuga curug dengdeng ini terdiri 3 tingkatan..nanti tiap poto dibawah saya jelaskan
RUTE
untuk menuju ke curug ini, kalau dari tasikmalaya kota bisa memakai jalur ke kawalu, terus ke urug, terus ke sukaraja, terus nanti ada pertigaan lewat ke kiri, terus lewat salopa, terus pokonya menuju alun-alun cikatomas. saya sebenarnya sempet clungak clinguk 'dimana alun-alunnya', tapi memang disana nanti ada masjid besar cikatomas, dan di sampingnya ada lapangan besar. hehe, mungkin itu maksud dari alun-alunnya...nah dari sana lurus sedikit, nanti ada pom bensin dan belok ke kiri..saya baca di blog katanya dari pom bensin jauhnya sekitar 8 kilo.. 4 kilo mulus jalannya, lalu satu kilo aspal terkelupas, dan mulus lagi tiga kilo..heheh.. pas saya cek, menurut saya cuman 6 kilo saja dari pom bensin ke lokasi jauhnya, 4 kilo mulus, terus sekilo jelek jalannya, terus sekilo lagi mulus...karna deket kok dari jalan jelek ke lokasi paling sekiloan..nah nanti ada jalan ke kiri, ada plang CURUG DENGDENG, tapi harus hati hati kelewat, karna plangnya kecil..banyak tanya saja jika sudah lewat jalan rusak itu.. nah dari belok ke kiri itu anda akan memasuki jalan beton, ke tempat parkir sekitar satu kilo kurang..dan akan melewati tanah merah becek..jika hujan-parkir 2000, dan ada uang pungut dijalan 3000, katanya untuk perbaikan jalan,
KENDARAAN
ada baiknya pake motor, mobil bisa cuman harus siap siap kalau bentrok, karna jalannya sempit jadi kalau ada mobil dari depan harus mengalah salah satu mencari tempat lebar.. tapi jangan khawatir, banyak kok yang kesana pake mobil, cuman jalan kakinya rada jauh dikit, mungkin sekitar 300 mter, kalau pake motor lebih enak, karna langsung ke curug, cuman 30 meter ke bawah,, jadi dikit jalan kakinya.. curug ini cocok untuk piknik keluarga, karna mudah aksesnya. ga cape.
BEKAL
jangan khawatir, ini sudah wisata beneran yg dikelola baik, warung pabalatak- banyak- bakso juga ada..mungkin setelah saya nulis di blog ini beberapa bulan kedepan sudah bagus jalannya, dan banyak warungnya
 
itu dia jalan pertigaan menuju jalan beton ke curug ,yg ada motor berbaju biru tuh, dan ada plang kecil

 
dan ini setelah jauh kedalam jalan beton akan ada jalan tanah begini
 
 
gak kebayang motor kalau hujan besar...
 


 dan ini setelah dilokasi parkir, kebawah hanya 30 mtran lewat kedepan dikit


 
itu lokasi parkir, termasuk tempat saya poto, juga parkiran

 
ini dia setelah dekat ke lokasi sungai, rame gan, dan itu adalah pelataran dari curug yg pertama, paling atas
 
 
hehe...dan itu curug pertama di belakang saya, dan saya berada tepat di hujung mulut didepan saya, curug kedua 

 
dan ini curug ke dua, saya poto dari pinggir 

 
masih curug kedua, saya poto rada ke tengah pelataran curug
 
 
masih di curug kedua, posisi poto dari bawah curug dari tengah, itu di atas ada orang..
 

 

hehehe...seleb. dan ini di curug ke 3, yang terakhir. saya poto dari sisi..


No comments:

Post a Comment